Penyesatan Melalui Bahasa Roh

Artikel ini terambil di dalam buku karangan Gbl. Firman Legowo yang berjudul Penyesatan Melalui Bahasa Roh Nubuat dan Pengetahuan. Berikut adalah cuplikannya yang terambil mulai dari halaman 12.

Arti dari Bahasa Lidah yang alkitabiah

 

 

Kata “glossai” adalah bentuk nomonative jamak dari glossa yang artinya perkataan-perkataan lidah. LAI menterjemahkan dengan bahasa roh, yang seharusnya lebih tepat diartikan sebagai bahasa-bahsa lidah. Bahasa lidah adalah salah satu karunia yang diberikan pada jemaat mula-mula untuk membangun jemaat lokal. Ada dua model bahasa lidah yang terjadi di dalam Alkitab,

1. Bahasa yang bisa dimengerti olah manusia

.

 

” Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain…” KPR 2:4. “Heterais glossais” dapat diartikan sebagai bahasa (manusia) lainnya. Tadinya tidak bisa bahasa Mandarin atau bahasa Perancis tetapi pada saat itu juga mereka dapat berbicara dalam bahasa-bahasa tersebut tanpa kursus bahasa terlebih dahulu.

2. Bahasa yang tidak dimengerti oleh orang lain

 

 

” Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorang pun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia” I Korintus 14:2. “Lalon glosse” berkata-kata dalam bahasa lidah berbeda dengan “bahasa-bahasa lain” yang terjadi pada hari Pentakosta. Bahasa ini bukanlah bentuk bahasa komunikasi antar manusia. Mereka yang dikaruniakan bahasa lidah tidak berkata-kata kepada manusia tetapi kepada Allah. Ciri dari bahasa ini adalah tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya. “Oudeis gar akouei berarti tidak ada seorangpun yang mendengar akan mengerti, yang mengerti hanya Tuhan dan DIRINYA SENDIRI. Bahasa tersebut dikaruniakan Tuhan untuk mengungkapkan hal-hal yang bersifat rahasia dan pribadi antar seseorang kepada Tuhan.

Bahasa lidah yang terjadi saat ini

 

 

Setidaknya ada tiga hal yang membedakan antara bahasa lidah yang terjadi pada jemaat mula-mula (bahasa lidah yang alkitabiah) dan bahasa lidah yang terjadi pada saat ini (bahasa lidah yang tidak alkitabiah).

1. Kesurupan

 

 

Fakta yang ditemukan dari bahasa lidah masa kini adalah fenomena kesurupan. Manifestasi-manifestasi yang bersifat aneh dan mengerikan terjadi (jatuh telentang, mengucapkan kata-kata aneh yang diulang-ulang, lidah terasa kelu, muka memerah terasa menahan gejolak di dada, dalam beberapa kasus ada yang sampai muntah-muntah, dll). Tidak ditemukan manifestasi tersebut di dalam Alkitab. Manifestasi tersebut dapat ditemukan pada rituil ibadah para penyembah berhala, seperti atraksi kuda lumping, debus, tari Liong pada perayaan cap gomeh, dll.

Fakta yang juga tidak kalah penting tentang bahasa roh saat ini tidak alkitabiah dan berasal dari iblis adalah karena setiap orang yang dapat berbahasa roh saat ini sebenarnya sedang KESURUPAN. Bahasa lidah pada zaman para rasul, cirinya adalah yang tahu artinya hanya dua oknum yaitu, dirinya sendiri dan Allah, itu artinya terjadi dengan penuh kesadaran tanpa disertai manifestasi-menifestasi. Tetapi bahasa lidah yang terjadi saat ini layak disebut KESURUPAN karena DIRINYA SENDIRI juga tidak tahu artinya.

2. Kalimat yang diulang-ulang

 

 

“Sikiraba-raba, dididada-dididada, sililaba-laba silalama sande.” dan masih banyak inovasi kata yang tidak variatif terdengar pada saat orang berbahsa roh. COBA RENUNGKAN adakah yang dapat menjamin bahwa bahasa tersebut juga diucapkan oleh jemaat mula-mula ketika mereka berbahasa lidah? Tetapi saya dapat menjamin bahwa kata-kata tersebut sering diucapkan oleh suhu/ mentor/ pawang pemuja berhala.

 
Berakhirnya Bahasa Lidah

 

 

Kata “gossai pausontai” di dalam I Korintus 13:13 menarik untuk dipelajari. Pausontai adalah bentuk orang ketiga jamak future middle deponent indicative. Middle indicative adalah bentuk kata yang subjek dan objeknya sama, contoh: saya (subjek) melukai diri saya sendiri (objek). Artinya bahasa lidah yang terjadi di dalam Alkitab telah berhenti dengan sendirinya ketika pewahyuan yang telah sempurna tiba. Bahasa lidah dikaruniakan Tuhan kepada jemaat mula-mula karena proses pewahyuan Alkitab belum sempurna, tetapi setelah proses pewahyuan Alkitab sempurna dari Kejadian 1:1 sampai wahyu 22:21 maka bahasa lidah yang alkitabiah telah berhenti dengan sendirinya.

Kesimpulan

 

 

Jadi darimanakah datangnya bahasa roh saat ini? Jawabannya hanya ada dua

1. Dari diri sendiri, atau dengan bahasa lain dibuat-buat/ karangan sendiri.

2. Dari iblis, ada banyak orang yang mendapatkan bahasa roh tidak dengan dibuat-buat atau dikarang-karang. Tetapi sumbernya dari iblis, karena bahasa roh yang alkitabiah telah berhenti dengan sendirinya ketika proses pewahyuan Alkitab telah sempurna.

About these ads

75 comments on “Penyesatan Melalui Bahasa Roh

  1. Kiky mengatakan:

    Bahasa roh untuk menguatkan bagi orang yang kurang percaya agar merasa selalu dekat dengan Tuhan sewaktu berdoa, bahasa roh adalah benar karena itu ada tertulis dialkitab, kalo ada yang menyangkal berarti orang itu tidak alkitabiah, namun harus hati2, karena roh jahat juga bisa menyusup untuk meniru berbahasa roh, jadi ujilah dulu bahasa roh itu, kalo tidak membawa damai sejahtera segeralah minta doa pelepasan, tetapi kalo bahasa roh itu terucapkan sewaktu kita sedang masuk dalam persekutuan dengan Tuhan dan dalam urapan Tuhan, itu berasal dari Tuhan, karena sewaktu kita masuk dalam doa, penyembahan, mendapat urapkan kasih karunia Tuhan, roh jahat tidak dapat masuk mengambil alih mulut kita dengan berbahasa roh, karena mulut kita memujikan, memuliakan Tuhan…….

  2. Hineni mengatakan:

    Mengenai kesurupan…

    Roh itu ada 2 yaitu (Roh Jahat:iblis dan Roh Kudus:Roh Allah)

    Dan ketika Roh Jahat memasuki manusia tentu akan kesurupan…sama halnya dgn Roh Kudus,ketika Roh Kudus masuk dlm tubuh manusia,akan mengalami kesurupan juga,dan banyak manifestasi Roh Kudus ketika memenuhi,hadir dlm manusia.

    Persamaannya sama2 kesurupan,karena keduanya adalah Roh…

    Perbedaannya:
    -Roh jahat membinasahkan,mencuri damai,berkat,membunuh sukacita
    -Roh Kudus memberikan damai sejahtera,melakukan pelepasan,bernubuat,dll

    Yg pasri Roh Allah atau Roh Kudus lebih besar dari Roh Apapun yg ada di dunia ini…

  3. Hineni mengatakan:

    Bahasa Roh yaitu ∂ĭм̤̈ǎnǎ Roh saya ikut berkata2,Roh saya ikut memuji dan menyembah sehingga dari Roh Itu keluar bahasa2 dari Roh Kepada Allah..

    Oleh karena itu banyak kuasa2 roh jahat dipatahkan,digagalkan dan dihancurkan dengan berbahasa Roh…

    Berbahasa roh berguna untuk membangun Roh,agar roh kita terus terkoneksi dgn Roh Allah,tdk hanya tubuh saja,melainkan tubuh jiwa dan roh…

    Yohanes 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa(Yahwe) dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa(Yahwe) menghendaki penyembah-penyembah demikian.

    Bahasa Roh pun digunakan untuk peperangan roh…
    Karena lawan kita bukanlah darah dan daging melainkan kuasa2 Roh2 jahat di udara…
    Merebut kembali setiap segala sesuatu yg sudah dicuri oleh iblis…
    Roh Kudus pun memberitahu yg mana yg bukan berasal dari Allah dan mana yg bukan dari Allah,tuntunan Roh Kudus yg memberikan roh hikmat,kebijaksanaan,pengetahuan,dan pengertian…

  4. Apakah saat pecurahan RK pada je.maat mula2 penulis hadir? sehingga bisa membahas perbedaan berbahasa lidah sesuai ulasan diatas.?

  5. effi rompas mengatakan:

    Sy bukan Dr greja karismatik.Saya melayani di greja yg menganut aliran bkn karismatik,Tp hati sy terbuka ketika sy menerima karunia roh kudus dan tiba2 berbahasa roh.hati sy sukacita sekali..itu bukan sesat…kita hrs mengalami itu Mka kita akan merasakannya.

  6. aston mengatakan:

    Maaf sebelumnya Pak, pohon itu dikenal dari buahnya, selama ini saya sudah melihat buah dari pelayanan orang karismatik yang berbahasa roh, dan banyak jiwa dimenangkan untuk Kristus, orang yang terikat dilepaskan, yang sakit disembuhkan, jadi menurut saya apa yang ditulis di atas sama sekali tidak benar. Hanya ada satu pihak yang dirugikan apabila orang percaya berbahasa Roh, dan pihak itu tak lain tak bukan adalah si IBLIS. Semoga Bapak dicelikkan dan bertobat. Terimakasih

  7. Jonathan mengatakan:

    Tulisan yang sangat injili….. alkitabiah…. semoga banyak orang membaca hal ini agar mereka berhenti mengejar, belajar “bahasa roh”.

  8. Hendra mengatakan:

    Saya hanya ingin menanggapi kata ‘glossai pausontai’, kata tsb terdapat pada 1 Kor 13:8
    http://biblehub.com/interlinear/1_corinthians/13-8.htm
    Pasal 13 mengajarkan ttg kasih, jd ayat 8 (sepemahaman saya) menekankan tentang kasih : bahwa nubuat,bahasa roh dan pengetahuan bisa/akan berakhir, tetapi kasih akan/harus tetap ada. Ayat tsb tdk secara spesifik menyebutkan ttg bagaimana & kapan bahasa roh akan berakhir. CMIIW.
    Semoga Tuhan memberikan pencerahan utk kita semua.

  9. uman mengatakan:

    Menurut sya b.roh itu berasal dr Tuhan krna ada di Alkitab,jd klu ada yg berkata b.roh tdk ada sma sja tdk percaya Alktb,maslahnya adalh siapa yg memakainya para rasul berbahasa roh dri Tuhan dan jg orang yg percya yg di penuhi Roh Kudus,klu org kesurupan itu bukan b.roh itu kata2 atau mantra dri iblis saja yg kita ga tau maksudnya,jd b.roh itu hnya dimiliki oleh org yng percaya yg dipenuhi oleh Roh Kudus.

  10. bahasa roh itu adalaha karunia roh dalam kis 2 : 4 dijelaskan roh itu yang memberikan Bahasa itu sendiri

    kalau bisa mempeterjemahkan bahasa roh itu mereka yang mempunyai Karunia menerjemah bahasa roh

    jadi kalau dibilang Bahasa roh yang sekarang sama seperti bahasa roh yang dulu

    kis 2 ayat 6 juga bilang.

    Dan kalau dibilang kyk orang kesurupan memang seperti itulah

    kis 2 : 12-13 Bisa dibaca

  11. Martin mengatakan:

    aduh senang bngt bisa membaca dan menyimak temen-temen dlm blog ini. artinya semua pada peduli dengn kemajuan perkembangan gereja akhir zaman ni. mari kita berdoa supaya diberikan Roh yang sama dalam memahami serta mengaplikasikan bahasa Roh maupun mengenal Roh Kudus itu sendiri.

  12. Febi Setio mengatakan:

    Pak Suparji: Masuk akal sekali Pak!!
    Pak Chandra: bagus pak Chandra! Menohok langsung pada pusatnya :)
    Pak Nevo Theo: Terima kasih atas pencerahannya. Ini menunjukkan penulis hanya asbun (asal bunyi) dan ascom (asal comot)

  13. mama marcio mengatakan:

    Minta pimpinan Roh Kudus untuk memahami lebih dalam lagi mengenai bahasa roh, ibadah pelepasan. Mengalaminya dulu baru dapat merasakan suatu hal adikodrati yang terkadang tidak bisa diterima oleh akal kita. Semua ini dikerjakan oleh Yesus Kristus bagi siapa yang buka hati dan Dia tahu siapa saja yang diberikan-Nya karunia-karunia tersebut. Percaya dan mengimani, maka akan mendapatkan dan mengalaminya…GBU.

  14. Berman mengatakan:

    Kasih jauh lbh berguna dr pada bahasa roh….

  15. Yonatan Dito mengatakan:

    Paulus sudah mengajarkan etika di di dalam penggunaan karunia bahasa roh, dan Paulus juga mengatkan bahwa dia juga berkata – kata bahasa roh lebih dari kamu semua (1 kor. 14:18). jadi yg prinsip saj yg kita diskusikan. Anda tidak bisa melarang kami berbahasa lidah dan juga kami tidak bisa memaksakan. karena segala kekayaan rohani adalah milik Tuhan. Sola Gracia

  16. elsa ferdiana mengatakan:

    Sesat lu -,,- kalo ga percayaa gaosah ngumbar” Antikristus kan elu.

  17. PJ mengatakan:

    pewahyuan Injil di dunia belumlah sempurna.. Masih banyak kitab yang hilang dan masih dicari asal usulnya.. Kalau pewahyuan injil sempurna berarti sudah terjadi yang namanya “1 agama”.. Jadi bahasa Roh belumlah berhenti.. sama halnya dengan iman & kasih. Penyesatan melalui pengajaran bahasa Roh yg mengajarkan merlaui “tulis & baca bahasa Roh” memang sesat.. Karna bahasa Roh tdk diajarkan namun itu adalah karunia Tuhan.. Byk gereja Kharismatik yg tidak sesat.. jadi intinya tulisan yang ada di “Penyesatan Melalui Bahasa Roh” adalah propaganda agama dari blog “AJARAN ALKITABIAH”. Sayapun yakin tulisan2 yg ada di “AJARAN ALKITABIAH”-pun.. MENYESATKAN umat Kristiani..

  18. karen mengatakan:

    dasar ajaran sesat.. kamu pikir bahasa roh sudah berheti… tidak bahasa roh tdk akan berhenti…..!!!!hapus saja bolg kamu

  19. herrylee mengatakan:

    saya sangat tidak setuju dengan pendapat anda bahwa bahasa Roh sekarang sudah berhenti di jaman sekarang.Perlu diketahui sekarang kita hidup di karunia Tuhan atau jamannya Tuhan bekerja melalui kegerakan Roh Kudus dan bahasa Roh adalah salah satu karunia dari roh kudus sendiri.

  20. Sehati Laoli mengatakan:

    Di dalam Alkitab tidak pernah ada orang yang kursus agar bisa berbahasa roh. Saya rasa kita perlu mengoreksi ketidakberesan seperit ini dan membawa orang-orang Kristen kembali kepada prinsip-prinsip Alkitab.

  21. Ricky mengatakan:

    bagaimana manusia yang terbatas akal budi nya terbatas pemikiran dan otak nya mencoba menyelami Tuhan yang gak terbatas??

    Anda berkata bahasa Roh itu tidak ada, karena secara logis memang itu susah untuk dsimpulkan..
    tpi bukan berarti bahasa roh itu tidak ada….

    kenapa anda menyimpulkan pekerjaan Tuhan dengan pemikiran anda?

    Kalau seandainya Tuhan berkehendak Hal tsbt terjadi anda akan berkata hal trsbt sesat??

    Kalo memang bahasa roh itu ada dan memang berasal dari Tuhan masih kah anda berani berkata hal tersebut sesat??

    Beranikah anda melangkahi Hikmat Tuhan dengan akal budi anda yang terbatas?

    Hati-hati akhir jaman nanti ada hari penghakiman mungkin Artikel anda akan diperhitungkan Tuhan…. ^_^

  22. Andri mengatakan:

    Kis 2:13 disuruh mencari Roh Kuduz mati2an
    itu hakekatnya sama pada matius 6:33 crilah dahulu kerajaan sorga..
    Bahasa roh tidaklah buruk tpi ada yg lebih baik dri itu yaitu karunia bernubuat 1 kor 13..
    Tuhan menyuruh bahkan mengutus kita agar kita menginjili mereka yg belum menerima Karya Keselamatan dri pada-Nya.

  23. hizkia onibala mengatakan:

    Tuhan tidak menghendaki kekacawan ttp damai sejahtra
    q percaya Roh kudus masih berkerja

  24. Andre Jonathan mengatakan:

    Sebelum nya, saya ucapkan terima kasih atas ulasan2 yg begitu panjang lebar diatas.
    hehe..
    Bukan tidak setuju dengan pendapat bapak tersebut, tetapi “Bahasa” adalah “sebuah Karunia, Kharisma yg diberikan Allah kepada manusia untuk menubuatkan / menggenapi sebuah janji ilahi.”
    di antar nya,
    1. ada yang secara “tiba2″ secara “tidak sadar” ( atau pun memang diucapkan dengan kesadaran )
    2. ada yang mengerti / mampu menjelaskan / menterjemahkan apa yg sedang diucapkan oleh orang lain,
    3. dan ada yang memiliki “karunia” untuk menyembuhkan seseorang.

    3 point yg saya bawa seharus nya cukup untuk memberi penjelasan yg mungkin bisa lebih berguna bagi saudara2 seiman. Setan / Iblis memang mampu mencobai kita, mampu mem-porak poranda’kan hidup kita, memperbudak kita dengan tipu muslihat nya, tetapi setan / iblis “SAMA SEKALI TIDAK MEMILIKI KUASA” atas hidup kita, baik tubuh, jiwa , bahkan roh kita ! karna kita telah sepenuh nya di tebus oleh kuasa darah-Nya !

    “Nubuat” bisa dikatakan “sudah digenapi” disaat Ia datang kedua kali nya, sampai masa itu lah Bahasa akan tetap menjadi sebuah alat / sarana yg digunakan manusia untuk berkomusikasi secara pribadi dengan Allah, begitu pula sebalik nya.

    mungkin gagasan saya ini dapat berguna bagi saudara2 semua.
    Gbu.

  25. ANTHONY mengatakan:

    Bacalah kembali dalam 1 Kor; 14:20 dlm. ayat ini jelas menerangkan bahwa Bahasa Roh adalah Karunia sebagai tanda untuk orang yg. Tidak ber-Iman. Berdoalah kembali mohonlah agar bisa mengerti arti dari Bahasa Roh tsb. Manusia tak akan mengerti arti dari bahasa roh, sebab yg berkomunikasi adalah Roh orang tsb, bukan akal budinya.

  26. Jeff mengatakan:

    saya berdoa anda dipenuhi roh Kudus dan merasakan sendiri sebelum anda membuat analisa.
    sayangnya semua komen di blog anda, tidak satupun yg anda jawab. sepertinya anda hanya hit and run saja.

  27. agnes devung mengatakan:

    Saya berpendapat bahwa bahasa Roh itu masih ada sampai sekarang dan hanya di mengerti oleh orang orang tertentu saja

  28. Ben ben mengatakan:

    Kal ga dpt, jgn blg sesat donk hehehe. Kal ga ngerti jgn blg ga ada. Semua kudu lihat buahnya mas. Ayo donk mengedepankan Kasih, bukan hanyansekedar menentang ini dan itu.

    Mending kita penginjilan aja yuk, beritain firman ke rekan2 kita. Mau anda percaya bahasa roh or ga, terserah.

  29. putri damaiyanti mengatakan:

    Bahasa roh tetap dasyat terjadi dalam keimanan saya…itu intinya

  30. Pieter mengatakan:

    tobat lah..hapus blog ini bung..

  31. onesimus mengatakan:

    coba yang bikin blog ini menampakkan identitasnya supaya diskusi kita
    melalui media ini tidak asal menghakimi,”ini sesat, itu sesat! Bahasa roh sesat, tidak berbahasa roh tidak sesat, kharismatik sesat, Injili sesat, ini dari setan, itu dari dirinya sendiri, dst”. Anda jangan memakai
    kacamata kuda dalam mencoba memahami suatu pengajaran.Jika demikian Anda sama seperti orang buta yang melihat bentuk gajah.Anda menyimpulkan gajah itu seperti tali, karena Anda memegang belalainya. Pahami segala sesuatu secara komprehensif.

  32. Dwika Purwantoro mengatakan:

    Puji Tuhan…….hanya Tuhanlah yang maha benar dan maha sempurna. GBU

  33. umbu mulla mengatakan:

    Coba pelajari alkitab lebih baik lg. Jgn kita menghakimi org lain. Klo ternyata apa yg anda katakan itu salah, bukankah artinya km menghujat Roh Kudus. Ingat, saat Yesus mengusir setan, saat itu org farisi berkata bhwa Yesus mengusir dgn kuasa setan dan bukan dgn kuasa Roh Allah, lalu di ayat bawahnya Yesus berkata, hujat terhadap anak manusia akan di ampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tdk akan di ampuni. Maksud saya bgini : Klo ternyata sebuah greja menggunakan bahasa lidah yg asli, yg di kerjakan oleh Roh Allah, trus anda katakan bahwa itu bukan Roh Allah yg kerjakan, bukankah itu artinya kita menghujat Roh Kudus, sama sperti yg di lakukan org farisi saat mereka menuduh Yesus mengusir setan bukan dgn kuasa Roh Allah tp dgn kuasa penghulu setan. Jangan kita menghakimi, karena pengetahuan kita akan firman Tuhan tdk lah sempurna. Klo kt benar okelah, klo kita salah, itu bahaya skali. Ingat, soal bahasa Roh ini msh jadi perdebatan di kalangan org2 teologi.
    Imani apa yg anda percayai, dan jgn menghakimi.

  34. david mengatakan:

    mksd dr penulis ini yg saya tangkap adalah bhw bahasa roh sudah tdk mutlak lg dilakukan bahkan cenderung dipaksakan… sy tanya mana yg lebih penting bahasa roh atau buah roh?? tujuan Yesus mati di kayu salib bkn untuk sekedar anda anda pintar berbhasa roh atau menguasai seluruh karunia2 roh melainkan anda dan sy megikut jejak hidup Tuhan Yesus mjd roti yg terpecah dan anggur yg tercurah.. klo msh sibuk ngurusin bahasa roh sy yakin anda2 blm terbiasa dg bahasa kasih..

  35. Aseng mengatakan:

    PERINGATAN..!!!
    SITUS INI DIBUAT OLEH “PEMUJA SETAN”…

    LIHAT SAJA JUDUL DIATAS, HAMPIR SEMUA ALIRAN KRISTEN DINYATAKAN SESAT, DAN AYAT-AYAT YANG DITAMPILKAN TIDAK LENGKAP!

    TUJUANNYA TIDAK LAIN UNTUK MENGADU DOMBA, MENYESATKAN, SERTA MEMECAH-BELAH UMAT KRISTEN!

    WASPADALAH…!!!

  36. Aseng mengatakan:

    I Korintus 14:22-25

    Karena itu karunia BAHASA ROH adalah TANDA, bukan untuk orang yang beriman, tetapi UNTUK ORANG YANG TIDAK BERIMAN;

    sedangkan karunia untuk bernubuat adalah tanda, bukan untuk orang yang tidak beriman, tetapi untuk orang yang beriman.

    Jadi, kalau seluruh Jemaat berkumpul bersama-sama dan tiap-tiap orang BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH, lalu masuklah orang-orang luar atau orang-orang yang TIDAK BERIMAN, tidakkah akan mereka katakan, bahwa kamu gila?

    Tetapi kalau semua bernubuat, lalu masuk orang yang tidak beriman atau orang baru, ia akan diyakinkan oleh semua dan diselidiki oleh semua; segala rahasia yang terkandung di dalam hatinya akan menjadi nyata, sehingga ia akan sujud menyembah Allah dan mengaku: “Sungguh, Allah ada di tengah-tengah kamu.”

    BAHASA ROH ADALAH TANDA…. UNTUK (DAPAT MEMBEDAKAN SIAPA SAJAKAH) ORANG YANG TIDAK BERIMAN.

  37. ison mengatakan:

    nyimak aja dulu deh..

  38. Budiman Idris Malau Guru mengatakan:

    Ujilah setiap pengajaran. Sebab penyesat pasti ada. Tetapi celakalah orang yang melakukannya. Untuk mengetahui setiap ajaran, lihatlah dari buahnya. Buahnya apa? Lihatlah apa yang dikatah buah-buah roh. Jadi setiap pengajaran harus diuji. Oke?
    Jesus Bless Us

  39. paus benedictus mengatakan:

    Sandalama sandalama spatubaru spatubaru

    Saya tidak percaya bahasa roh … itu hanya trend saja ….. supaya kelihatan bombastik. kalau saya ikut kebaktian yang ternyata worship leader nya atau pengkhotbahnya berbahasa roh, kadang saya hanya berdoa, supaya mereka tidak dipakai para setan

  40. Novianti mengatakan:

    Saya setuju dengan komentar pa Jerry EP di atas.
    Jelas alkitab menyatakan bahwa bahasa roh tidak dapat dimengeri oleh manusia; tapi bukan berarti juga bahwa itu adalah dari Iblis.
    Dari buahnyalah kita dapat menilai bahwa sesuatu itu dari TUHAN atau dari Iblis.
    Jadi baiknya Anda yg menulis bolg ini belajar Alkitab lebih lagi; jangan sepotong-sepotong kaya main puzzle.
    Jika Anda langsung berasumsi/menilai bahwa bahasa roh itu dari Iblis jangan-jangan Anda adalah salah satu dari orang2 yang mengatakan bahwa ajaran Tuhan Yesus adalah dari belzebul seperti yang dilakukan oleh orang-orang Farisi itu…..:D

  41. demino mengatakan:

    allo.. saya punya rekaman bahasa roh..
    saya cuma sharing gambaran bahasa roh yang saya tahu,
    maaf saya tidak tahu ayat alkitab. saya cuma menganalisa rekaman. mungkin dari analisa saya yang lain bisa memberikan ayat yang cocok seperti yang saya gambarkan berikut.

    bahasa roh :
    1. dialog 2 pribadi di dalam 1 tubuh manusia.
    dari pengertian dalog berarti ada komunikasi timbal balik antara simanusia dan tuhan, jadi memang bukan seperti orang kesurupan atau orang kerasukan seperti di acara berburu hantu yang cuma sihantu yang berkata kata, tetapi si manusia tidak sadar.

    si manusia yang sedang berbahasa roh SADAR dia sedang berbahasa roh, dia bisa memberi tanda misal suruh orang lain disekitar dia ambil pulpen atau kertas untuk mencatat sesuatu.

    2. bahasa yang di gunakan ada dua. pertama bahasa yang bisa dimengerti orang yang disekitar si manusia yang berbahasa roh [bahasa indonesia] dan kedua bahasa yang kami tidak mengerti [bahasa roh].

    dari pengakuan simanusia yang berbahasa roh, untuk dialog yang isi pembicaraanya rahasia maka bahasa yang di pakai memang bahasa yang tidak mengerti oleh orang yang melihatnya.

    juga sebaliknya.

    jadi tidak perlu orang lain untuk menterjemahkan. karena si manusia yang berbahasa roh sudah langsung memakai bahasa yang kita mengerti. dia tidak menterjemahkan ulang kata kata yang dia terima.

    3. bahasa roh seperti ibadah kecil.
    ada puji pujian yang dinyanyikan oleh simanusia dalam bahasa yang tidak dimengerti oleh orang yang melihatnya. juga sebagian dalam bahasa indonesia sebelum dialog dimulai

    urutannya bisa muncul di awal, bisa juga di akhir bahasa roh.:

    -puji pujian – dialog-pemberkatan-selesai
    -dialog- puji pujian – pemberkatan – selesai

    4. perbedaan cara bicara, gerak tubuh, sangat terlihat jelas dari dua pribadi ini. dari rekaman yang saya lihat,

    ada saat manusia menyatakan keluh kesahnya atas bebannya sampai dia menangis, sangat terlihat dari nada dan cara bicaranya. jadi walau saya tidak mengerti bahasanya saya bisa tahu bahwa yang berbicara ini sedang mengutarakan bebannya. ini adalah pribadi manusianya.

    karena setelah dia selesai, nada bicara dan mimik yang selanjutnya berbicara sangat beda, nada bicara yang tegas, kuat dan seperti memberi semangat, saya melihat pribadi lain yang berbicara memberi dukungan kuat. ini adalah pribadi tuhan

    5. sebelum selesai si manusia yang berbahasa roh akan menumpangkan tangannya di kepanya sendiri, artinya pribadi tuhan sedang memberkati pribadi manusia yang berbahasa roh ini.

    6. orang lain yang berada di sekitarnya bisa juga bisa mendekat ke si manusia yang berbahasa roh ini untuk lalu di berkati oleh pribadi tuhan ini lewat pribadi manusia yang berbahsa roh.

    sangat terasa dan jelas suara pribadi tuhan yang memberkati ini bila dibandingkan jika diberkati oelh manusia biasa.

    saat memberkati bahasa yang digunakan adalah bahasa roh dan bahasa indonesia, bahasa indonesia digunakan di penutupan saat berkat. dari yang saya denganr adalah perintah.

    7. dari rekaman panggunaan kata dalam nama bapa anak dan roh kudus juga ada.

    ini cuma sharing saya atas hasil saya merekam orang berbahasa roh. saya cuma kebetulan saja ada di tempat itu dengan kamera.

    saya punya 2 rekaman. pertama saya dapat dari hasil rekaman dari lingkungan keluarga orang yang berbhasa roh, dia merekam dengan HP nokia

    dan yang saya rekam dengan menggunakan kamera pocket nikon biasa.

    saya belum dapat ijin untuk sharenya ke youtube, selama ini saya cuma menunjukan langsung ke orang orangsekitar saya dengan larangan di copy.

    untuk yang kristen jika ada ayat yang sesuai dengan gambaran di atas silahkan memberitahu saya.

    trimakasih untuk tempat saya sharing info ini..

  42. Sari Agustine mengatakan:

    terima kasih artikel ini membuat kita2 sadar akan kebenaran. semoga makin banyak yang dibukakan mata-nya. dan tidak lagi buta terhadap kebenaran yang kadang menyakitkan hati, yang penting Tuhan tidak sakit hati melihat ulah2 yang melencengkan ajaran2 Tuhan terutama bahasa roh ini. Tuhan memberkati pelayanan blog ini.

  43. Martin Randa mengatakan:

    Sekali lagi saya ingin mengingatkan saudara-saudaraku yang gemar (katanya) berbahasa Roh agar menyimak baik baik Firman Tuhan yang disampaikan rasul Paulus dalam I Korintus 14:1-25.
    Kalau kita menyimak dengan seksama apa yang disampaikan oleh Paulus tersebut jelas rasul Paulus hendak menyampaikan bahwa tidak ada gunanya kamu berbahasa Roh (karena Paulus melihat dan yakin bahwa orang-orang pada waktu itu dan juga saat ini hanya terbawa oleh emosinya). Perhatikan ayat 16 – 25, khususnya ayat 23. jadi, kalau seluruh………….., tidakkah akan mereka katakan, bahwa kamu gila..

  44. Martin Randa mengatakan:

    Saya sependapat agar yang berbahasa roh hati-hati…….Alkitab bilang bahasa roh adalah karunia…mana ada karunia yang dapat dipelajari???. Yang kedua orang yang (katanya) berbahasa Roh dengan kata2 yang di-ulang2….apa benar bahasa Roh sangat miskin kosah kata??? dan yang paling mengerikan adalah sering kedengaran orang yang (katanya) berbahasa Roh dengan kata2 SAKIA……..SAKIA dalam bahasa KOREA adalah untuk memaki orang, kalau dalam bahasa Ambon= CUKIMAI yang diucapkan dalam keadaan marah. APA MUNGKIN ROH TIDAK MENGERTI BAHASA KOREA???? Oleh sebab itu saya harap yang suka mengucapkan kata2 SAKIA dalam beribadah…….SEGERA BERTOBAT……. TUHAN MEMBERKATI

  45. man mengatakan:

    Yesus pernah berbahasa lidah???

  46. man mengatakan:

    Yesus pernah berbahasa lidah

  47. Suciono mengatakan:

    boleh belajar banyak buku, tapi harus di uji dengan Alkitab. Saya setuju bahwa bahasa Roh itu tidak dapat di pelajari, tapi Tuhan masih memberikan karunia Berbahasa Roh sampai saat ini. Bahasa Roh tidak akan berhenti sampai Tuhan Yesus datang kedua kali.

  48. Edward Sinaga mengatakan:

    mari kta satukan pendapat,jangan sering berdebat berdua,pakai orang ke tiga .sebab berdua an yg ketiga adalah Iblis

  49. rangga mengatakan:

    Ada yang punya skrip aslinya gak yang menceritakan tentang roh. Saya penasaran pengen tau skripsi aslinya, apa benar diterjemahkan menjadi kata “roh” ?
    mulailah belajar dari yang asli jangan dari yang terjemahan, karena bisa dikaburi pandangannya … takutnya umat dimanfaatin untuk tujuan sesuatu nih..

  50. Ferry Apriando mengatakan:

    saya tidak setuju bahwa bahasa roh itu sudah tidak ada. memang faktanya bahasa roh yg sekarang ini bukan bahasa roh yg ada di Alkitab dan ini telah menjadi Fenomenal dikalangan mainsterm (kharismatik). tapi saya percaya bahasa roh itu masih ada karena bahasa roh itu sulit dipahami tapi ada artinya. jadi klo Tuhan mengaruniakan bahasa roh, Tuhan ingin meneguhkan jemaatNya dan jiwa-jiwa yg belum mengenal Tuhan. karena bahasa roh itu di Karuniakan untuk meneguhkan orang supaya percaya. karena saya sendiri berbahasa roh dan saya tidak mengunakan bahasa roh untuk show up dan saya bisa buktikan bahasa roh itu msh ada.

  51. lOLY rESTINI mengatakan:

    chandara :Pak firman legowo juga dipakai, untuk mencari kelemahan orang damai2 aja pak legowo bukankah hidup dalam kasih itu lebih indah dari pada mencari cari kesalahan dan kelemahan orang lain,berdoa aja pak ya,biar Tuhan singkapkan mana yang dari Tuhan atau iblis.Jbu

  52. Edy Sunarto mengatakan:

    Ya digereja kami di desa ada seorang perempuan tua ( 77 tahun ) bila dia berdoa berbahasa lidah, kata temanku (dari semarang) katanya berbahasa Ibrani. saya juga gak ngerti tapi saat kami tanya, ibu tadi berda apa ? ya saya hanya mengagungkan nama TUHAN YESUS KRISTUS saja seperti dalam Doa Bapa Kami itu ? tapi yang keluar dari mulut Ibu tadi bahasa aneh ( menurutku) ternyata bahasa Ibrani ( kata temanku yang memang ngerti bahasa ibrani maklum dosen teologi)lalu apa pesan Tuhan tany saya ? Tuhan katakan Dia akan datang segera sebgai Mempelai Laki-laki Sorga yang sangat rindu menjemput Mempelai Wanitanya, kedua Tuhan katakan bahwa pada akhir jaman ini banyak penyesat-penyesat yang menghancurkan iman kristen, Dia juga dari orang kristen yang pinter-pinter tapi tidak hidup dalam ROH & KEBENARAN, yang ke-3 Tuhan pesanka : Agar anak-anak TUHAN selalu “ELING & WASPADA ” terhadap ajaran ajaran PALSU, khususnya AJARAN ANTI ROH KUDUS. ya itulah shearing kami. Semuanya terserah kita saja. Jangan jangan masuk NERAKA ????

  53. RUBEN ZAKARIA mengatakan:

    saudara kekasih di dalam Tuhan kita YESUS KRISTUS,sumber segala hikmat tak perlu kita berdebat tentang bahasa Roh,karena ALLAH kita telah menjanjikan penolong ,penghibur,dan sahabat yaitu Roh Kudus.dan setiap pribadi yg percaya akan YESUS KRISTUS maka Roh itu akan mengajarkan kita akan segala sesuatu yg tdk kita mengerti dan bahkan mengajarkan apa yg harus kita doa kan.dan pribadi2 ini yg mengalaminya akan merasakan Kebenaran,damai sejahtera pada saat kita berbahasa Roh,jadi kesimpulannya: hanya kita dan ALLAH sendiri yg tahu apakah kita berbahasa Roh yg benar. GBU

  54. ronny winerungan mengatakan:

    harusnya klo anda kritikus sejati, coba anda telanjangi penyesatan di agama lain, yang menyerang alkitab Firman Tuhan…..eh anda beraninya cuman di kandang sendiri,……. sifat dasar manusia : sirik tanda tak mampu…..

  55. -nanpri- mengatakan:

    syalom,
    saya ingin share kata2 dari Tuhan Yesus dan Allah Bapa yang diberikan melalui perantaraan Susan (Amerika) dan Sabrina (Belgia).
    baca disini
    http://surattuhan.malang3000.com/?surat-tuhan-ke-95,475

    TUHAN YESUS memberikan perkataan mengenai surat yang kedua di bawah ini:

    Nak, ini adalah apa yang AKU inginkan. AKU ingin kalian berbicara mengenai baptisan ROH KUDUS. Katakan kepada orang-orang mengenai hal ini: Tanpa baptisan ini (baptisan ROH KUDUS) mereka tidak memiliki efek apa-apa bagi KerajaanKU: tidak sesuai dengan KehendakKU; berjalan dengan cara mereka sendiri, buatan dan keinginan manusia; ROHKU berduka, dan tidak ada keselamatan di luar baptisan ini karena orang tersebut tidak berjalan sepenuhnya pada KehendakKU. Posisi mereka di hadapanKU adalah suam-suam kuku dan mereka tidak dalam kondisi penuh minyak.

    Caranya agar memiliki minyak yang penuh adalah melalui penyerahan diri secara total dan menyeluruh: menjadikan AKU sepenuhnya TUHAN dan TUAN, sehingga ROHKU akan datang dan mengisinya. Apapun yang kurang dari itu adalah kondisi suam-suam kuku.

    AKU, YESUS, tidak dapat menerima mereka ke dalam KerajaanKU, kecuali mereka menerima baptisan ROH KUDUS ini. Hal ini penting untuk keselamatan dan menjadi diterima ke dalam Kerajaan.

    Pastikan bahwa kalian mencari baptisan ini. Ia datang dengan meminta untuk itu dan dengan membuat penyerahan total hidup mereka, menjadikanKU sepenuhnya TUHAN dan TUAN atas kehidupan mereka tanpa kecuali. Apapun yang kurang dari itu tidak dapat diterima di mata ALLAH.

    Yohanes 3:5 : Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

    Lukas 3:16 : Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: “Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.

    Markus 1:8 : Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.”

    Lukas 11:13 : Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

    Referensi ayat-ayat tambahan: Yohanes 3:6, Markus 16:16-8, Kisah Para Rasul 7:51, Kisah Para Rasul 19:1-6, Kisah Para Rasul 8:15, Kisah Para Rasul 8:15, Yohanes 14:17; Roma 8:9, Kisah Para Rasul 4 : 31; Yohanes 1:33, Kisah Para Rasul 2:38, Yohanes 2:22, Markus 1:8; Kisah Para Rasul 5:32

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai hal ini, email Saudari Susan: kidsmktg@sbcglobal.net (dengan bahasa Inggris)

    gbu

  56. dq mengatakan:

    hai , saya begitu tertarik dgn pembicaraan ini . bagi saya bahasa itu tetap ada saat ini dan tdk tehenti. ya saya setuju bahawa bahasa roh adalah mbangun kita . kenapa saya katakan demikian? hal ini kerana pada suatu ketika dulu sebelum saya bisa berbicara dalam bahasa roh , saya bertanya kepada Tuhan ” kenapa rakan2x lain bisa berbiacara demikian Tuhan , dan saya tidak .” nah saudara, sudah lama saya berdoa dan mmg bahasa roh tidak bisa dibuat2x saudara, kita sadar bahawa itu hanya akan berlaku apabila Tuhan mahu meberikankanya kepada sesoarang peribadi, kecuali yg menipu mmg biasa terjadi tetapi kita tdk mengalami pengurapan melalui bahasa itu kerna dibuat-buat. nah lewat dari saya mengikut satu konferensi , doa saya terjawab saudara dan Tuhan melawat saya dgn luarbiasa . saya sekaligus diberi bahasa roh utk berbicara kepadanya .. nah , saya percaya bahasa roh itu tetap ada dan bisa diketahui sekirany itu dari Tuhan atau daripada kuasa lain .

  57. chandra mengatakan:

    yang membuat saya lebih kaget, edy leo dipakai Tuhan memenangkan bayak orang sedangkan anda dipakai oleh …….. untuk menjegal edy leo yang dipakai Tuhan, saya jadi bingung…anda yang benar atau edy leo ya….atau Tuhan salah pakai mungkin ya? seharusnya anda yang dipakai tapi kok malah edy leo yg kecipratan….

  58. suparji mengatakan:

    1. jikalau org yang berbahasa roh saudara mengatakan”Tidak ditemukan manifestasi tersebut di dalam Alkitab”. ini tandanya saudara kurang teliti dalam membaca Alkitab.jika tidak ada Manisfestasinya tunjukan ayatnya?
    2.”tetapi setelah proses pewahyuan Alkitab sempurna dari Kejadian 1:1 sampai wahyu 22:21 maka bahasa lidah yang alkitabiah telah berhenti dengan sendirinya”.jika sudah berhenti tunjukan ayatnya?

  59. Nevo Theo mengatakan:

    “Kata “gossai pausontai” di dalam I Korintus 13:13 menarik untuk dipelajari.”

    Dimana kata yang bapak maksud..? Saya lihat di bahasa Yunani tidak ada tuh….atau pake Kitab apa tuh..?

    Ini saya berikan buktinya…saya pakai BGT…

    Νυνὶ δὲ μένει πίστις, ἐλπίς, ἀγάπη, τὰ τρία ταῦτα· μείζων δὲ τούτων ἡ ἀγάπη. (1Co 13:13 BGT)

    tolong beritahu dimana kata itu….kalau belum bisa dibuktikan berarti bahasa lidah masih ada…bener kan..? :)

  60. fransisco mengatakan:

    jangan sesat!!!jangan merasa kamu yang paling benar dan bijak padahal kamu bobrok gak tahu malu ngata-ngatain sesat padahal pengertaian dan analisamu yang salah

  61. yakub mengatakan:

    Saya kutip kata2 diatas :”Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah.SEBAB TIDAK ADA SEORANGPUN yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia”
    kata SEBAB TIDAK ADA SEORANGPUN bukanya berarti tidak ada se”orang” pun yg mengerti termasuk “orang” yg mengatakannya?

  62. herry mengatakan:

    pengulas referensi buku Gbl. Firman Legowo rupanya telah terjebak oleh konsep yg dibuatnya sendiri diluar Roh Kudus. Beliau ingin mengatakan bahwa Allah menggunakan bahasa sebagai alat/sarana pewahyuan, tapi ingat bung…. bahasa adalah alat/sarana. jadi jangan membatasi Allah dan PekerjaanNya dg sarana/alat yg digunakanNya. Yohanes bilang bahwa apa yg dilakukan Yesus sgt bnyk tidak cukup kertas memuatnya, artinya Alkitab memang Wahyu yg di inspirasikan sehingga menjadiInspirator, bukan buku hukum seperti UU atau KUHP. terimakasih

  63. Rita mengatakan:

    Selamat hari minggu terima kasih atas kiriman email nya, tetapi saya belum mendapatkan kata sandi untuk masuk ke pelajaran bhs Yunani, terima kasih juga saya sudah mendapatkan pencerahan dari tulisan saudara, meskipun saya masih belum begitu paham.Tuhan memberkati.

  64. jefry EP mengatakan:

    BAHASA ROH memang hanya berasal dari dua sumber yaitu :1.dari iblis{roh iblis}2.sumbernya dari Tuhan{Roh kudus}keduanya memiliki ciri yang berbeda,yaitu:yg dr iblis terjadi kepada mereka yang tidak mengenal Allah yang benar,dan yang telah menjadi bagian dari pengikut iblis.ciri2nya tidak tertib,menakutkan,menggambarkan kengerian.sebab iblis tau tentang kengerian yang akan menimpanya,sedangkan yg bersumber dari Tuhan adalah roh damai sejahtera tertib dan tidak seperti orang yg kesurupan,karena baik yg dirasakan oleh orang perorang atau kelompok,fungsinya hanya satu yaitu MEMBERIKAN PENEGUHAN TERHADAP KEYAKINAN AKAN HIDUP YANG DAMAI BAAHAGIA BERSAMA ALLAH DALAM KEABADIAN SETELAH KEMATIAN TERJADI KEPADA SETIAP ORANG PERCAYA DAN MENJAMIN TERJADINYA KESEMPURNAAN KEPADA ORANG YANG PERCAYA DIAKHIR ZAMAN MENURUT KEHENDAK ALLAH.mudah bagi kita membedakan siapa yang terpengaruh{memberi dirinya dipimpin oleh}dari:perbuatan,tindakan dan tingkalakunya.

  65. Doni mengatakan:

    saya berdoa supaya anda menerima bahasa lidah ini

  66. Stefanus mengatakan:

    Pak Legowo ono wae…Omdo…suka nginjili orang yang sudah bergereja …jangan ngomong bahasa roh deh…nggak pantes kayaknya…jarkoni…

  67. Damayanti Silitonga mengatakan:

    Yesus mengaruniakan pikiran kepada manusia untuk manusia bs mengerti hal2 yg Tuhan beritakan melalui Alkitab…

    Lebih baik Blog anda ini, anda hapus saja, anda benar2 menyesatkan pikiran manusia ?/

    Ini perkataan saya yang ke dua, minta hikmat dari Tuhan saat anda sedang membaca firman, anda bgt Buta terhadap apa yang anda baca…

    Baca Kis 2 : 13

    Semoga Tuhan Mengampuni anda, Roh kudus itu nyata dan untuk mendapatkannya Qta harus berjuang mati2an kalau tidak Sorga tidak berlaku bagimu…

  68. Indah yulianti mengatakan:

    saya tidak setuju dengan pendapat anda yg menyatakan bahwa bahasa roh sudah berhenti saat ini.
    Benar bahwa proses pewahyuan Injil telah sempurna, tetapi penggenapan apa yg telah tertulis dalam Injil itu masih dalam proses sempurna yaitu : menggenapi hal-hal/kejadian/nubuatan tertulis yang belum terlaksana sebagaimana digambarkan dalam Wahyu kepada Yohanes.

    Untuk Bahasa Roh yang bisa dipelajari, saya rasa memang itu adalah egoisitas manusia yang ingin mencapai sesuatu yg bersifat kudus dengan usaha manusia itu sendiri dan pada akhirnya mereka terjebak dalam bahasa/roh penipuan. (tidak dpt karunia bahasa roh kudus namun pura-pura bisa berkata” dlm bahasa roh kudus spy dianggap oranglain bahwa ia sudah kudus=bersih karena bisa berbahasa roh).

    Pengalaman saya pribadi :
    Ketika saya bersaat teduh dan berdoa dengan membaca Kitab Mazmur saat itu saya mengucapkan dengan bahasa indonesia yang saya kuasai, tetapi ketika saya sampai pada beberapa ayat ternyata ucapan/perkataan pembacaan ayat Mazmur di mulut saya berganti dengan sendirinya menjadi bahasa yg tidak saya mengerti tetapi didalam hati dan jiwa saya ada rasa damai dan sukacita karena merasakan betapa besar kasih TUHAN ALLAH kepada saya sehingga saya begitu dihargai oleh-Nya.

    Bagaimana menurut pendapat pengelola Blog ini apakah pengalaman saya itu adalah bahasa roh yg dari Tuhan ataukah yang dari setan ?. silahkan diuji.

  69. agustinus mengatakan:

    kalau begitu sebaiknya para pengarang bahsa roh saat ini sebaiknya bertobat ya pak?

  70. peni mengatakan:

    Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat. (sudah terbukti)

    Sebab jika aku berdoa dengan bahasa roh, maka rohkulah yang berdoa, tetapi akal budiku tidak turut berdoa.

    GBU

  71. parhobass mengatakan:

    amin

  72. hamris pandjaitan mengatakan:

    yah emang bener jg,kalo berdasarkan alkitab tuh bhs tsbt ga sembarangan dikaruniakan,mgkn inilah spti tertulis di alkitab awas nabi2 palsu.GBU

  73. bernike Sihombing mengatakan:

    numpang lewat dong………

    kenapa ya.. alamat pengirim tidak ditampilkan? Supaya tidak seperti siluman (maaf ya)
    good….good….good…. saya suka dengan gramatikal Yunani yang ditampilkan!
    apakah anda ingin melukai?
    Atau apakah anda ingin membenarkan/mengklarifikasi fenome yang telah terjadi?
    Good….good…good…. saya suka gramatikal Yunani yang ditampilkan khususnya pada parsingnya,
    tapi kenapa ya…apa tidak perlu dicek lagi? Alasannya:
    1. tidak ditampilkan analisis gramatikalnya, maaf…apa hanya sekedar bisa mengkopi dari Biblework saja? Seperti kata “glossai” adalah bentuk nomonative jamak dari glossa, apa ya…. fungsi nominatif dan jamak pada kata tersebut?
    2. ada juga ditampilkan kata “gossai pausontai” di dalam I Korintus 13:13 menarik untuk dipelajari. Pausontai adalah bentuk orang ketiga jamak future middle deponent indicative. Middle indicative. Nah ..ini juga apa fungsi future middle deponent indicative. Middle indicative pada tersebut ditampilkan oleh rasul Paulus?

    Bahasa:

    Ada bahasa tubuh (pantomin)
    Ada bahasa mata (main mata)
    ada bahasa tangan (memukul)
    ada bahasa Iblis (mencuri, membunuh, menyakiti, dll)
    ada bahasa Indonesia (didiklerasikan 28 okt. 1928)
    ada bahasa cinta (mengasihi & dicintai)
    ada bahasa Roh/roh (Roh/roh yang mana?)
    Maaf ya….maksud bukan untuk menyanggah tapi ada baiknya diklarifikasi, Salam kasih Kristus, God Bless. (Bernike sihombing,MABS. (dosen Ibrani & Yunani) E-mail: bernikee_sihombing@yahoo.com.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s