Alkitab Adalah Satu-satunya Firman Allah

Sempurna Berarti Lengkap

“Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap. Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna. Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap,” I Korintus 13:8-10.

Saya akan memberi perhatian khusus pada kata “sempurna.” “Sempurna” di dalam ayat tersebut adalah “teleion” berbentuk kata SIFAT, nominative netral. Bukan “teleios” yang berbetuk kata adverb atau kata keterangan. Apa perbedaan dari kedua kata ini. Kata SIFAT “teleion” berarti merujuk pada kesempurnaan atau kelengkapan “yang bersifat” misalnya, hukum, peraturan, tata tertib, dll. Sedangkan Kata keterangan/ adverb pada teleios merujuk pada keterangan waktu  dan tempat.

 Banyak kalangan yang menafsirkan yang sempurna adalah kedatangan Tuhan Yesus yang kdua kali. Sehingga mereka melegalkan wahyu-wahyu liar di luar Alkitab dan mengklaim bahwa wahyu tersebut berasal dari Tuhan. Saya ingin mengkoreksi pandangan tersebut. Bahwa kata “sempurna” di dalam ayat tersebut TIDAK berbentuk kata keterangan (adverb)  “teleios” melainkan berbentuk kata SIFAT ‘teleion. Sehingga TIDAK BISA diartikan sebagai kedatangan Tuhan Kedua Kali karena hal tersebutmerujuk pada kata keterangan.  

Oleh karena bentuk katanya adalah kata SIFAT nominative netral “teleion” maka sempurna yang dimaksud adalah LENGKAP yang merujuk pada “hukum yang lengkap.” Apakah hukum yang sempurna/ lengkap itu? Jawabannya adalah ALKITAB.

 Dan setelah yang sempurna/ lengkap/ teleion tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap. Apakah yang tidak sempurna itu? Yang tidak sempurna adalah yang berhubungan dengan pewahyuan /apokalupsis. Karena WAHYU TUHAN sudah sempurna yaitu ALKITAB dari Kejadian 1:1 sampai Wahyu 22:21 selesai ditulis maka Tuhan sudah tidak mendatangkan Wahyu tambahan lagi.

 Alkitab Tidak Boleh Ditambahi Dengan Wahyu Lain

Alkitab adalah wahyu Tuhan yang sempurna/ lengkap, sehingga TUHAN sudah tidak menurunkan lagi wahyuNya baik TULISAN maupun LISAN Apakah Kitab-kitab agama lain Firman Allah? Jawabannya BUKAN Firman Allah, karena di luar Alkitab, tidak ada Firman Allah tertulis.

 Demikian juga dengan kasus seseorang yang dapat berbicara langsung dengan Tuhan, Mendapat penglihatan dari Tuhan, Bahasa Roh, Nubuat, dll, Itu semua BUKAN DARI TUHAN. Karena setelah Wahyu 22:21 selesai ditulis Tuhan sudah tidak menurunkan wahyuNya, baik wahyu lisan (spoken word) maupun wahyu tertulis (written word).

 Bagaimana dengan rhema? Rhema adalah perkataan Tuhan, merujuk pada kesempurnaan wahyu Tuhan yaitu Alkitab, maka TUHAN sudah tidak mendatangkan lagi rhema.

 Apabila kita ingin mendapatkan pengajaran yang bersifat devosional maupun doktrinal tidak perlu cari-cari wahyu lain di luar Alkitab, cukup dengan + Doa Tiap Hari* Baca Kitab Suci + Kalau Mau Tumbuh._

 Kita tidak perlu mencari extra biblical authority (wahyu di luar Alkitab) karena dapat dipastikan yang berperan bukan lagi TUHAN.

 Menurut anda?

 GBU.

 Posisi alkitabiah, berhati alkitabiah, berpikir alkitabiah.

About these ads

10 comments on “Alkitab Adalah Satu-satunya Firman Allah

  1. Mujiyanto mengatakan:

    Saya menulis catatan in tgl.19-Juli-2013 hari Jum’at. apakah blok ini masih di asuh ??

  2. suhan mengatakan:

    U/ Bp Sang Kelana, saya, suhan, berusaha untuk memberikan penjelasan dr sudut pandang yg lain;

    1. ketika surat korintus ditulis oleh Rasul Paulus, Kitab Suci Perjanjian Baru belum semuanya ditulis, berarti “Yang Sempurna” belum tiba, maka, dlm korintus Paulus bernubuat bhw jk nanti Perjanjian Baru sudah lengkap semuanya, maka akan terjadi :

    nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

    2. sebab – musabab turunnya firman atau ayat diatas.:

    jemaat korintus terlalu menekankan karunia2 Roh dan bahkan menyalahgunakannya, Rasul Paulus lalu menulis surat dan menegor mereka dan menertibkan mereka d/ berbagai peraturan juga memberikan nubuatan bhw jk nanti Perjanjian Baru sudah lengkap semuanya, maka akan terjadi :

    nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

    sekian sedikit tambahan dr suhan, jika ada yg ingin sharing langsung saja email ke tansoehan68@yahoo.com

    suhan baru pertama kali masuk ke sini tp smoga saja ini bukan yg terakhir kali.

    JESUS Bless You all, amen.

  3. danny g mengatakan:

    Ya betul sekali, jangan kita menuruti hawa nafsu sensional dengan mengatakan “aku mendapat wahyu Allah tadi malam”, hal ini sulit dipertanggung jawabkan, lebih sering dipakai untuk legalitas keinginan pribadi supaya kelihatan rohani.

    Pelajari aja wahyu yang sudah jelas dari Kejadian-Wahyu dah cukup dan nga pernah selesai dipelajari sampai ajal menjemput dari pada mencari cari wahyu yang tidak jelas dan tidak dapat dipertanggung jawabkan, GBU

  4. kasih mengatakan:

    Salah satu buku rev.ki dong kim
    judul:Marilah kita kembali kepada Alkitab
    Langit dan bumi akan berlalu tetapi firman Allah tidak akan berlalu. Firman itu hidup dan aktif. Firman Allah yang sempurna itu mengekspresikan atribut-atribut-Nya, menyatakan kehendak-Nya dan kuasa-Nya.

    Alkitab menyatakan Yesus Kristus datang dan Ia tidak berkata-kata atas kehendak-Nya sendiri. Ia berkata-kata hanya apa yang Ia dengar dari Bapa-Nya. Ia berkata-kata hanya apa yang Ia dengar dari Bapa-Nya. Yesus mengatakan, “Aku tidak berkata-kata dari diri-Ku sendiri. Aku berkata-kata apa yang Bapa katakan kepada-Ku”. Ia tidak melampaui Alkitab dan hanya berkata-kata seturut dengan Alkitab saja, bahkan Ia tunduk kepada Alkitab. Roh Kudus juga tidak melampaui Alkitab. Keagungan Alkitab itu adalah sedemikian tinggi sehingga bahkan Allah memelihara firman dan segala janji yang tertulis di dalamnya.

    Namun dewasa ini orang-orang yang hanya ciptaan dari debu tanah, malah meninggalkan Alkitab.Mereka lebih mengikuti ritual-ritual dogmatis dan bukannya Alkitab. Dan Roh Kudus tidak memeteraikan sesuatu ritual apa pun.

    Hal yang penuh harapan ialah kembali kepada Alkitab saja. Apabila orang menghentikan kuasa yang tidak terbatas dari Roh Kudus dan membelenggu Alkitab dengan teori-teori yang dogmatis, Gereja Kristus akan turun martabatnya dan hanya merupakan perhimpunan moral saja. Itulah sebabnya mengapa kita harus kembali kepada Alkitab. Lalu Allah akan bekerja atas semua janji dan pernyataan dari Alkitab dan kita akan merasakan kuasa-Nya yang sungguh dahsyat itu.
    Marilah kita kembali kepada Alkitab!

  5. Hermanus Joy Rp mengatakan:

    Disini saya sepakat kecuali,Koment ‘Tuhan tidak berbicara’…Dia sebagai Pencipta yang ingin ciptaannya selalu berkomunikasi terhadapNya….makanya you just have to pray all the time…..

  6. SoupedenoTele mengatakan:

    belajar banyak

  7. Sang Kelana mengatakan:

    “Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap. Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna. Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap,” I Korintus 13:8-10.
    Pemahaman anda tentang hukum tata bahasa sungguh hebat luar biasa, Namun sayang pemahaman makna dan kata pada susunan kalimat (penafsiran) anda masih sangat kurang. bukankah pada kalimat ayat diatas jelas diterangkan bahwa “Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna”. adalah berarti alkitab itu sendiri yang belum sempurna dan masih menanti pemyempurnaan dari wahyu atau bentuk kitab yang lainnya. Sebaimana diterangkan pada ayat berikutnya “Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap,”. so, sekarang mana yang sempurna? Alkitab yang jelas dinyatakan Belum sempurna atou yang setelahnya? sebaiknya anda meneliti juga sebab – musabab turunnya firman atau ayat diatas.

  8. chi rho / waWA mengatakan:

    “+ Doa Tiap Hari* Baca Kitab Suci + Kalau Mau Tumbuh._

    harus berusha terus nih.. masih bolong 2 hehehhe…

    eh ada postingan (kang erri) dari orang murtadin bin kafirin

  9. Kang erry mengatakan:

    Apa kriteria sebuah kitab itu wahyu tuhan atau bukan adakah standardnya? Setau saya sblum perjanjian bru di sahkan sbgai injil resmi ada bnyak ktab yg menulis ttg yesus

  10. parhobass mengatakan:

    Tulisan/Commentary apakah bisa dikatakan wahyu?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s